Kamis, 18 Februari 2010

10 Fakta Tentang Unta Yang Harus Kita Ketahui



1. Unta tertua yang diketahui adalah Protylopus, muncul 40-50 juta tahun yang lalu di Amerika Utara. Unta tersebut berukuran sekelinci dan tingal di hutan. Kemudian, unta menyebar ke sabana dan meningkatkan ukuran mereka. Pada Oligosen, 35 juta tahun yang lalu, Poebrotherium memiliki ukuran se-rusa, tetapi sudah menyerupai unta.
(ooowwww jadi dulu unta thu kaya kelinci...baru tau ane )

2.Kurang lebih terdapat 17 juta unta di seluruh dunia. 90% adalah unta dengan satu punuk (Dromedaries atau Arabian Camel) dan 75% dari unta dengan satu punuk dapat di temukan di Afrika Timur dan sisanya dapat ditemukan di Sudan dan Somalia. 10% lagi adalah unta yang bingung menjelajah di daerah Arab dan Autralia tengah.
(lucu neh unta-nya bingung )

3.Dromedaris telah dapat dijinakkan di barat daya Saudi antara 6.000 sampai 3.400 tahun yang lalu, awalnya susu mereka, sementara yang lebih besar dan lebih lambat unta Baktria (dengan dua punuk) di Timur Laut barat daya Iran dan Asia Tengah sekitar 3.500 tahun yang lalu. Dari Arab, dromedaries memasuki Somalia, 3.500 tahun yang lalu, dan oleh 500 SM mereka mencapai pantai Atlantik.
(we e e e e....ceritanya mw touring ke pantai neh unta... )

4.Unta yang suka berkumpul dan teradaptasi dengan lingkungan mereka, padang pasir. Mereka dapat membawa muatan berat, tahan badai pasir dan perbedaan suhu. Unta-unta ini juga disebut "kapal gurun", dan mereka bisa berenang ketika mereka bertemu air. Suatu fakta menyebutkan bahwa di Mesir utara terdapat Danau Borollos yang kedalaman bervariasi antara 20 cm dan 2 m. Namun tidak dapat menyeberang dengan perahu atau kendaraan, dan hanya unta dapat digunakan dalam kasus ini.
(kwkwkwkkwkwkw...lucu juga neh unta... )

5.Punuk Unta adalah tempat jaringan lemak. Punuk lengkap memiliki berat 10-15 kg. Bila lemak ini bermetabolisme, tidak hanya menjadi sumber energi, tapi dapat menghasilkan air melalui reaksi dengan oksigen dari udara 1.111 g air per 1.000 gram lemak yang dikonversi.
(kaya dispenser+galon..kalo haus tinggal minum...kkwkwkwkwkwkwk )

6.Unta dapat menahan setidaknya 20-25% berat badan karena keringat (kebanyakan mamalia hanya bisa bertahan sekitar 3-4% dehidrasi sebelum gagal jantung karena darah mengental).
(wuihhh....pantesan kuat idup di padang pasir )

7. Unta berjalan 3 km/hari untuk mencari makanan, rata-rata 3 jam, dan bubar ketika makanan langka. Mereka membutuhkan kira 10-20 kg makanan segar sehari-hari (atau 5-10 kg makanan kering), tergantung pada ukuran si unta. Jika bekerja, kebutuhan makanan adalah 30-50 kg/hari. Mereka menghabiskan waktu 8-12 jam per hari untuk makan.
(kalo agan-agan 8jam buat tidur..kalo unta buat makan...iya thoooo )

8. Unta kimpoi sepanjang tahun, tetapi mereka memiliki periode menguntungkan ketika vegetasinya subur. Laki-laki sangat agresif selama masa perkimpoian (dia dapat menggigit kaki penunggangnya). Selama terangsang, ia menunjukkan giginya, mengeluarkan air liur melimpah, dan kelenjar berhubung dgn kulit leher dan bahu yang sangat aktif. Kencing sering, dan tetap menggunakan kepala dan tungkai.
(kimpoi mulu...plaboy neh unta )

9. Unta suka berkumpul. Membentuk kelompok 6-30 ekor, terdiri dari satu laki-laki, beberapa perempuan dengan keturunan. Sisa dari pejantan bujangan menyendiri membentuk kelompok. Mungkin ada kelompok-kelompok perempuan kurang laki-laki.
(hayooo...sapa yang belum punya pacar...pcran aja ma onta...hahahaha)

10. Salah satu kebiasaan terburuk dari unta adalah meludah. Ketika dia tertekan unta akan meludah yang berbau busuk yang datang dari perut , terutama ketika marah, frustrasi atau ketakutan, bom kimia yang nyata.
(iiih jorok amirrr...)

unta cakep:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar