Jumat, 22 Januari 2010

10 kota metropolitan terbesar didunia

INI dia gan wilayah metropolitan terbesar dunia berdasarkan populasi...
Ga nyangka Indonesia masuk gan
Tanpa berlama - lama lagi gan.... langsung aja

1 Tokyo-Yokohama-Kawasaki-Chiba (Tokyo Raya) - Jepang
perkiraan populasi = 34.493.466

Spoiler for Tokyo Raya:

Tokyo Raya adalah sebuah wilayah metropolitan di Jepang yang terdiri dari sebagian besar Chiba, Kanagawa, Saitama, dan Tokyo.
Tokyo Raya adalah wilayah metropolitan terbesar di dunia (35.197.000 jiwa menurut perkiraan tahun 2005), meliputi wilayah seluas kira-kira 13.500 km². Tokyo Raya juga mempunyai luas wilayah urban yang terbesar kedua di dunia (7.800 km²). Di wilayah ini terdapat 35 kota berpenduduk lebih dari 200.000 jiwa, 21 kota dengan sedikitnya 350.000 jiwa, dan 10 kota yang berpenduduk melebihi 500.000 jiwa. Sekitar 22 juta penumpang menggunakan jaringan keretanya setiap hari - jumlah yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia.






2. Kota Meksiko-Nezahualcóyotl-Ecatepec-Naucalpan - Meksiko
perkiraan populasi : 24.600.000

Spoiler for meksiko:

Ciudad de México, D.F., Distrito Federal, atau México (Spanyol yang artinya Kota Meksiko atau Distrik Federal Meksiko; juga lazim dikenal dengan nama bahasa Inggrisnya, Mexico City) merupakan ibukota sekaligus kota terbesar di Meksiko. Penduduknya berjumlah 24.600.000 jiwa






3. São Paulo-Guarulhos-Santo André-Osasco - Brazil
perkiraan populasi : 22.700.000
Spoiler for Brazil:

São Paulo adalah kota terbesar di Brasil dan di dunia metropolitan terbesar 7 daerah. Kota ini merupakan ibukota negara bagian São Paulo, Brasil yang paling padat penduduknya.

Dengan populasi sekitar 11.037.593 penduduk dalam area seluas 1.523 kilometer persegi (588,0 sq mi), São Paulo adalah kota yang paling padat penduduknya di belahan Selatan






4. Seoul-Incheon-Bucheon-Goyang-Seongnam-Suweon (Capital Metropolitan Area) - Korea Selatan
perkiraan populasi : 22.000.000
Spoiler for Capital Metropolitan Area:

Capital Metropolitan Area (SPMB) adalah sebuah daerah yang terletak di utara-barat Korea Selatan. Umumnya disebut sebagai Sudogwon dalam bahasa Korea, dan mengandung tiga distrik administratif yang berbeda; Seoul, Incheon dan sebagian besar Gyeonggi-do.
Capital Metropolitan Area memiliki penduduk 22 juta. Membentuk budaya, komersial, keuangan, industri, dan pusat pemukiman Korea Selatan. Kota terbesar adalah Seoul, dengan jumlah penduduk sekitar 10.2 juta orang, diikuti oleh Incheon, dengan 2,6 juta.





5. New York City, New York-Newark, New Jersey-Paterson, New Jersey (New York Metropolitan Area) - Amerika Serikat
perkiraan populasi : 21.750.000
Spoiler for New York Metropolitan Area:

New York area metropolitan, juga dikenal sebagai Metropolitan New York, Greater New York, atau Tri-State Daerah, adalah wilayah metropolitan terpadat di Amerika Serikat dan juga salah satu yang paling padat penduduknya di dunia.





6. Mumbai-Navi Mumbai-Kalyan-Thane-Ulhasnagar, Maharashtra (Brihanmumbai/Greater Mumbai) - India
perkiraan populasi :18.800.000

Spoiler for Greater Mumbai:

Mumbai, sebelumnya Bombay, adalah ibukota negara bagian Maharashtra India. Pada 2009, Mumbai adalah kota terbesar di dunia dalam hal populasi, dengan batas kota yang memiliki penduduk sekitar 14 juta jiwa, dan bersama-sama dengan kota-kota tetangganya Navi Mumbai dan Thane, membentuk suatu aglomerasi perkotaan dengan sekitar 19 juta orang. Mumbai terletak di pantai barat India dan memiliki pelabuhan alam yang dalam. Pada 2009, Mumbai bernama dunia Alpha kota.






7. Osaka-Kobe-Kyoto (Osaka-Kobe-Kyoto atau Keihanshin) - Jepang
perkiraan populasi : 18.643.915
Spoiler for Keihanshin:

Keihanshin, (Osaka-Kobe-Kyoto, Osaka Greater Area) adalah daerah metropolitan Jepang meliputi wilayah metropolitan kota Prefektur Osaka di Osaka, Kobe di Prefektur Hyogo, dan Kyoto di Kyoto Prefektur.






8. Delhi, National Capital Territory-Faridabad, Haryana, Gurgaon, Haryana-Ghaziabad, Uttar Pradesh-Noida, Uttar Pradesh - India
perkiraan populasi : 18.100.000
Spoiler for Delhi:

Delhi, yang dikenal secara lokal sebagai Dill, dan juga dengan nama resmi Wilayah Ibu Kota Nasional Delhi (NCT), adalah kota metropolis terbesar menurut luas wilayah dan kota metropolitan terbesar kedua menurut jumlah penduduk di India.





9. Los Angeles-Riverside-Anaheim (Southern California) - Amerika Serikat
perkiraan populasi : 16.710.000
Spoiler for Southern California:

ia Los Angeles Metropolitan Area, juga dikenal sebagai Metro LA, adalah terbesar kedua wilayah metropolitan di Amerika Serikat, hanya mengikuti New York Metropolitan Area. Terdiri dari dua kabupaten, Los Angeles dan Orange County. Metro adalah rumah bagi hampir 13.000.000 orang di seluruh wilayah dua daerah, sehingga daerah metropolitan terbesar di California, dan dari Greater Los Angeles Area.






INI DIA GAN YANG DITUNGGU-TUNGGU!!


10. Jakarta-Bekasi-Bogor-Depok-Tangerang (Jabodetabek) - INDONESIA
perkiraan populasi : 16.400.000
Spoiler for Jabodetabek:

Jabotabek adalah sebuah akronim dari Jakarta-Bogor-Tangerang-Bekasi, yaitu sebuah kawasan metropolitan Jakarta dan sekitarnya. Dengan dibentuknya Kota Depok sebagai pemekaran dari Kabupaten Bogor, akronim Jabotabek diubah menjadi Jabodetabek.

Kawasan Jabotabek mencakup wilayah administrasi:

* Kota Jakarta Pusat
* Kota Jakarta Barat
* Kota Jakarta Selatan
* Kota Jakarta Timur
* Kota Jakarta Utara
* Kabupaten Kepulauan Seribu
* Kota Bogor
* Kabupaten Bogor
* Kota Depok
* Kabupaten Tangerang
* Kota Tangerang
* Kota Tangerang Selatan
* Kota Bekasi
* Kabupaten Bekasi

Padanan istilahnya dalam bahasa Inggris adalah Greater Jakarta yang berarti kawasan perkotaan yang terintegrasi dengan Jakarta.
Populasinya pada tahun 2005 diperkirakan 18,5 juta orang, menempatkannya sebagai salah satu sepuluh besar wilayah metropolitan di dunia. Dan juga merupakan wilayah metropolitan terbesar di Asia Tenggara.




2 komentar:

  1. Mohon di perbarui gan ..soalnya populasi jabodetabek kita skarang dah skitar 28jt penduduk dah masuk pringkat 2 world dari segi populasi gan skian

    BalasHapus
  2. makasih atas infonya, jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2QIiGD6

    BalasHapus