Jumat, 22 Januari 2010

Masjid-Masjid Berarsitektur Termegah di Dunia



Nih gan kita lihat dulu masjid - masjid yang keren - keren di penjuru dunia,simak baik baik ya gan...


1.Masjid Ibn Tulun

Spoiler for ::

masjid Ibn Tulun yang dibangun bagi Ahmad ibn Tulun yang diperkirakan hidup pada 868 dan 883 Masehi. Ibn Tulun Mosque adalah salah satu mesjid paling besar yang di dunia, terkenal dengan arsitekturnya yg indah dan menara uniknya. Konon ada legenda tersendiri dari tempat di mana masjid ini berdiri, yakni, di bukit kecil di Cairo, yang disebut Gebel Yashkur. Legendanya, bukit ini merupakan tempat perhentian bahtera Nuh setelah banjir. Masjid ini telah berkali kali direnovasi, dan dinyatakan sebagai situs kuno yg dilindungi oleh pemerintah Mesir. Asal tahu saja, film James Bond "The Spy Who Loved Me" pernah shooting di Mesjid Ibn Tulun.


2.Masjid Hassan II

Spoiler for ::

Masjid Hassan II di Casablanca, Morocco merupakan masjid terbesar kedua di dunia, setelah Al Masjid al-Haram di Mekah. Memiliki menara paling tinggi di dunia, 210 meter. Didesain oleh arsitek Pracis, Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues.


3.Masjid Sheikh Zayed

Spoiler for ::

Masjid Sheikh Zayed merupakan masjid ketiga terbesar di dunia, lokasinya di Abu Dhabi, ibukota United Arab Emirates, berada di areal yang luas antara dua jembatan Mussafah Bridge and Maqta bridge.


4.Sultan Omar Ali Saifuddin Mosque

Spoiler for ::

Sultan Omar Ali Saifuddin Mosque di Bandar Seri Begawan, ibukota Kesultanan Brunei. Masjid ini paling spektakuler di Asia Pasific, selesai dibanguin 1958.


5.Masjid Niujie

Spoiler for ::

Masjid ini merupakan tertua di Cina, dibangun pertama tahun 996 masehi, kemudian direkonstruksi ulang pada 1442 masa dinasti Ming lalu masa dinasti Qing pada 1696. Kini menjadi masjid terbesar di Cina utara.


6.Masjid Id Kah

Spoiler for ::

Masjid Id Kah adalah masjid terbesar di Cina, mampu menampung 20.000 jamaah. Lokasinya di Kashgar, Xinjiang. Masjid ini dibangun oleh Saqsiz Mirza in 1442, walaupun mengadopsi struktur tua tahun 996 masehi.


7.The Great Mosque of Xi'an

Spoiler for ::

Masjid ini berlokasi di dekat Drum Tower (Gu Lou) di Huajue Lane of Xi'an, Shaanxi province. Dibangun pertama kali masa Tang Dynasty saat Kaisar Xuanzong, yang hidup pada 685-762. Kemudian beberapa kali direnovasi, khususnya pada masa kaisar Hongwu dari dinasti Ming.


8.Masjid Istiqlal

Spoiler for ::

Masjid Istiqlal adalah masjid yang terletak di pusat ibukota negara Republik Indonesia, Jakarta. Masjid ini adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Sukarno di mana pemancangan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1961. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban.


9.Jama Masjid

Spoiler for ::

Masjid Jama atau Masjid-i Jahān-Num adalah masjid utama yang berada di kawasan Delhi Tua di India. Masjid ini didirikan oleh Kaisar Mogul, Syah Jehan, yang juga membangun Taj Mahal. Masjid ini selesai pada tahun 1656 M dan merupakan yang terbesar dan terkenal di India. Masjid Jama sendiri terletak di sisi jalan raya yang sangat ramai di Delhi Tua, yaitu Jalan Chadni Chowk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar